+62542 7212628 admin@hbics.sch.id

“Kecerdasan Emosional”

Ruth Murwani D.
Principal Of HBICS Secondary & Senior High

Kecerdasan Emosional pertama kali dilontarkan oleh psikolog Peter Salovey dari Harvard University dan John Mayer dari University of New Hamphire untuk menjelaskan kualitas-kualitas emosional yang mendukung keberhasilan seseorang. Kualitas emosisonal tersebut antara lain empati, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, kemandirian, kemampuan menyesuaikan diri, disukai, kemampuan memecahkan masalah antar pribadi, ketekunan, kesetiakawanan, keramahan, dan sikap hormat.

Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa kecerdasan emosional membuat anak memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, disenangi teman dalam bermain, dan juga membantu anak dua puluh tahun kemudian ketika masuk ke dunia kerja atau ketika sudah berkeluarga. Begitu pentingnya kecerdasan emosional yang dapat mendukung kecerdasan akademik anak.

Menurut Prof. Dr. John Dewey pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Untuk itu orang tua perlu memahami bahwa pendidikan yang ideal itu tidak hanya fokus pada penilaian akademis siswa tetapi harus melihat secara menyeluruh termasuk perkembangan kecerdasan anak sehingga dapat membangun manusia yang seutuhnya.

Sekolah dengan pendidikan menyeluruh atau holistic education tentu saja akan mendukung tumbuh kembang anak dengan baik. Kegiatan-kegiatan, pendidik yang peduli dengan pentingnya kecerdasan siswa serta sistem sekolah yang mendukung terciptakan suasana yang baik buat perkembangan kecerdasan anak dapat menjadikan pilihan yang tepat untuk mempersiapkan mereka di masa depan. Hal ini tentu tidak lepas pula dari peran orang tua dalam memutuskan pilihan sekolah bagi anak. Tidak hanya itu saja tetapi orang tua harus komitmen untuk memotivasi anaknya untuk dapat mendukung kegiatan-kegiatan sekolah yang merangsang perkembangan emosional mereka.

Selamat berjuang mendidik anak-anakĀ hebat.

Share This

Share This

Share this post with your friends!