+62542 7212628 admin@hbics.sch.id
Membekali anak ke sekolah adalah tindakan yang bijak. Selain tercukupi kebutuhan gizinya, tentunya akan terhindar dari jajanan sekolah yang tidak sehat. Bento atau bekal makanan siang memang tengah populer di masyarakat. Tidak sedikit kantin sekolah yang menyediakan pilihan makanan yang sehat dan bergizi seperti Bento. Namun ada baiknya, untuk membuat bento sendiri di rumah agar kita dapat lebih yakin tentang kandungan gizi di dalamnya.

Salah satu cara agar anak terhindar dari makanan jajanan yang tak sehat serta aman memang dengan membekalinya dengan bekal makanan yang berasal dari rumah. Peran orang tua sangatlah penting untuk dapat menjaga tumbuh kembang anak supaya optimal serta terhindar dari gangguan penyakit karena makanan jajanan yang tidak sehat sehingga diperlukan kontrol dan pengawasan terhadap kebiasaan makan anak. Selain itu, dibutuhkan nutrisi cukup supaya anak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Isi bekal

Membekali anak ke sekolah dengan makanan serta minuman yang sehat adalah salah satu tindakan yang bijaksana bagi orang tua. Selain gizinya tercukupi, bekal sekolah juga merupakan cara jitu supaya anak tak membeli jajanan yang belum tentu bergizi serta aman dari segi kebersihan dan komposisi bahan yang digunakan untuk membuatnya. Membiasakan anak sejak dini untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan dibuat sendiri dirumah yang sudah pasti bebas dari bahan kimia serta pengawet tentu akan mendidik anak untuk hidup sehat. Bekal sekolah sebaiknya berupa makanan sehat yang seimbang yang terdiri dari sumber karbohidrat kompleks protein lengkap dengan buah yang kaya akan vitamin dan mineral serta minuman yang menyehatkan. Untuk meningkatkan selera makan anak terhadap bekal makan yang dibawanya, Ibu juga bisa menyesuaikan dengan kesukaan sang anak. Ibu dapat berkreasi dengan menu bekal tersebut dari berbagai tampilan menarik yang bisa menggugah selera. Misalnya dengan berbagai bentuk yang lucu dan sesuai dengan selera anak.

Inilah beberapa bekal sekolah yang dapat dipilih:

  1. Campuran berbagai jenis buah segar
  2. Nasi goreng dengan telur dan sayuran
  3. Sandwich atau roti isi sayuran dan daging ayam atau ikan
  4. Nasi lengkap dengan sayur dan lauknya
  5. Aneka jenis olahan pasta dan mie
  6. Jus buah dan sayuran atau susu kotak

Manfaat yang diperoleh dari membawa Bento ke sekolah

  1. Menyerap pelajaran dengan baik

Rasa lapar, kurang makan atau mengonsumsi makanan yang tidak mengenyangkan bisa mengganggu kebugaran fisik dan kemampuan berkonsentrasi. Dengan mengonsumsi bekal makanan yang bergizi, tentunya hal tersebut tidak akan terjadi. Anak dapat menerima serta menyerap pelajaran di sekolah dengan baik.

  1. Mencegah kebosanan

Kantin sekolah cenderung menyediakan serta menjual menu makanan dan jajanan yang sama setiap harinya. Membawa bekal sendiri dari rumah tentunya akan mencegah anak bosan karena berbeda setiap harinya. Tanpa rasa khawatir apakah kebutuhan energi dan nutrisinya selama disekolah telah terpenuhi atau tidak.

  1. Sesuai selera

Makanan dan minuman yang akan dibawa sebagai bekal bisa disesuaikan dengan selera dan kemauan anak setiap harinya. Anda juga mempunyai kontrol pada makanan yang akan dikonsumsinya. Bukan hanya memberikan energi yang cukup, tetapi juga bernutrisi. Pastinya bekal yang dibawa akan dimakan dan tidak bersisa.

  1. Belajar memilih makanan sehat dan bergizi

Anda dapat mendiskusikan menu yang akan dibawa sebagai bekal. Sehingga anak dapat diarahkan untuk memilih makanan sehat dan bergizi. Juga mengenalkan pada anak makanan bergizi seperti apa yang dapat dibawa sebagai bekal di sekolah.

So, Moms and Dads, penting kita sebagai Orang Tua untuk memberikan arahan kepada Anak, hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anak ingin membeli jajanan di luar,seperti Kebersihannya, dan Gizi.

Share This

Share This

Share this post with your friends!